Blogger Widgets MENCINTAI KEINDAHAN - Rhatiih's Blog


Keindahan

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya. 

Keindahan adalah indentik dengan kebenaran keduanya mempunyai nilai sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran tidak indah karenanya, tiruan lukisan monalisa bisa jadi tidak indah karenanya dasarnya tidak benar. Keindahan juga bersifat universal artinya tidak terikat oleh perorangan waktu dan tempat, secara muda, daerahan atau local. Pandangan plato dapat menjadi dua yaitu : tentang dunia ideal dan tentang dunia nyata.

Menurut plato kesederhanaan adalah ciri khas keindahan baik dalam alam maupun karya seni. Berkanaan dengan keindahan ini terdapat 3 pandangan yang dapat diacu pertama, keindahan berdasarkan keseimbangan, keteraturan, ukuran dan sebagainya kedua, keindahan merupakan jalan menuju komtemplasi ketiga, perhatian akan apa yang secara empiris dalam diri si subjek termuat dalam pandangan aristoteles dan Thomas.Baum gastrin menyatakan bahwa keindahan adalah keseluruhan yang tersusun untuk secara teratur dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain.
Nilai Estetik
Menurut The Liang Gie. Keindahan di anggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral. Nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercangkup dalam perngertia keindahan daisebut nilai ekstetik ada pula yang mentakan nila adalah realita psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunana, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada kehendaknya itu sendiri. manusia beranggapan bahwa pada suatu benda tertentu itu terdapat suatu nilai yang dibuktikan letak kebenarannya.
Nilai ekstrinsik adalah nilai-nilai yang ada hubungannnya dengan hal-hal yang berada di luar bentuk dari suatu objek (karya sastra / suatu benda) itu sendiri, dan memiliki kecenderungan untuk mengisyaratkan suatu pesan makna. Adapun nilai intrinsic adalah sifat baik dan benda yang bersangkutan sebagai alat, sarana untuk sesuatu hal lainnya (bersifat sebagai alat atau pembantu).
Keindahan dalam Islam
Keindahan juga bisa berart tingkah laku yang baik, meskipun wanita kelihatan cantik, itu hanya indah dan segi pandangan dhahir saja. Yang mana keindahan wajah tidak menjamin keindahan hati tingkah laku keindahan yang di kenal adalah keindahan dzat-Nya dan keindahan sifat nya dan pebuatannya.
Keindahan pada dasarnya adalah mamiah. Alam itu ciptaan tuhan hal itu berarti bahwa keindahan itu sendiri adalah ciptaan tuhan alamiah artinya wajar, tidak berlebih –an tidak pula kurang keindahan adalah yang alamiah, sedangkan, alam itu sendiiri diciptakan tuhan yang berarti mengandung kebenaran-kebenaran demikian merupakan segi-segi kekuasaaan Allah yang tercermin di dalam alam semesta.

Apa Sebabnya Manusia Mencintai Keindahan
  1. Karena keindahan memiliki propensi yang harmonis, sedangkan itu nyata, dan keindahan dapat di samakan dengan kebaikan.
  2. Karena keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat. Dan keindahan sebuah benda tertentu yang memang indah.
  3. Karena mengandung arti bahwa keindahan dalam arti luas dapat mencakup keindahan seni, alam, moral atau bahkan intelektual pada hakikatnya keindahan manusia merasa nyaman hidupnya dengan suasana keindahan akan membuat perasaan ke manusiaan nya menjadi tidak tergangggu.
  4. Sebab persepsi manusia terhadap keindahan sangat di tentukan oleh daya pergerak yang menjadi sumber timbulnya kehendak, atau kelugiran terhdap keindah itu sendiri. Keindahan sebenarnya adalah keindahan yang muncul dari persepsi akal dan budi.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar......

 
Top