Blogger Widgets Menariknya SpongeBob Squarepants - Rhatiih's Blog



Are you ready?? Yes kapten!! I cant tell you…..hehhehehe. itu sekilas theme song dari film kartun yang akan saya bahas kali ini. Apalagi kalau bukan SpongeBob Square Pants. Pasti anda mengetahuinya juga bukan? SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh LaTiVi, kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Pertama saya menonton kartun ini lucu sekali. Dengan setting lokasi berada di bawah laut disebuah kota bernama Bikini Bottom kartun ini mempunyai daya tarik sendiri untuk anak-anak.
Tokoh kartun:

a. SpongeBob
Dilihat dari namanya pasti dapat ditebak inilah tokoh utama dari kartun ini. Sebuah spons laut berbentuk seperti spons mandi berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang bertingkah sebagai kucing. SpongeBob ini memiliki kepribadian yang baik, mudah diajak berteman, jago memasak dan selalu optimistis. Pasti anda ingat kata-katanya setiap bangun pagi (Aku siap..aku siap..aku siap). Spongebob ini tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di laut, di Jalan Conch nomor 124, Bikini Bottom. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Pekerjaannya sehari- hari adalah koki di rumah makan Krusty Krab (dia sendiri pun mendapat penghargaan "Employee of the Month" (Pegawai Teladan Bulan Ini) 374 kali berturut - turut) milik Mr.Krab, yang terkenal dengan burgernya Krabby Patty. Dia juga bersekolah di Mrs. Puff Boating School, sekolah mengemudi Mrs. Puff. Pada kartun ini pengisi suara tokoh SpongeBob adalah Tom Kenny.
                               

-->b. Patrick 
Tokoh ini berbentuk bintang laut tetangga dari SpongeBob yang tinggal dibawah laut.. Patrick adalah sahabat baik SpongeSob, meskipun terkadang sulit berkonsentrasi dan salah paham. Kejadian konyol yang sering dilakukan Patrick yaitu seringnya mengiler ketika memikirkan sesuatu….heheheh. Pengisi suara untuk tokoh ini adalah Bill Fagerbakke. 

c. Squiward Tentacles 
Yup benar sekali tokoh ini mempunyai tentakel. Berbentuk seekor gurita yang tinggal di dalam rumah moai, yang berada diantara rumah SpongeBob dan Patrick. Pekerjaan sehari-hari Squidward adalah menjadi kasir di rumah makan Krusty Krab. Tokoh ini pemalas dan suka bermain klarinet walaupun musik yang dimainkannya jelek. Ia sendiri menganggap dirinya seorang seniman hebat dan orang yang pintar. Memiliki seorang saingan bernama Squilliam Fancyson yang terkenal sebagai orang kaya yang sukses. Squidward tidak menyukai kedua tetangganya(SpongeBob dan Patrick). Ia menggap mereka sebagai penggangu. Pernah suatu kali Squidward pindah ke sebuah perumahan yang berisi sejenisnya dengan karakter sifat yang sama. Namun lama-kelamaan ia bosan dan bertingkah konyol layaknya SpongeBob. Hal itu menyebabkan keributandi perumahan sehingga warga mengusirnya. Bukannya sedih, Squidward malah tampak sangat bahagia keluar dari perumahan tersebut. Pengisi suara untuk tokoh ini adalah Rodger Bumpass. 

d. Mr.Krabs 
Tokoh ini berbentuk kepiting dengan nama lengkap Eugene H. Krabs. Sebagai seorang pemilik restoran Krusty Krab yang sangat menggilai uang($). Mr.Krabs ini juga sangat kikir dan keterlaluan pada orang lain termasuk anaknya sendiri jika menyangkut uang. Pernah suatu kali saat ia berhasil mengumpulkan uang 1 juta dollar, uang senilai 1 dolar terakhir itu disimpannya dan dipeluk-peluk seperti orang gila. Sampai-sampai ia rela menukarkan tubuhnya dengan uang senilai 1 dollar saja..ckckck. Pengisi suara tokoh ini adalah Clancy Brown.


e.  Sandy Cheeks 
Tokoh ini berbentuk tupai yang tinggal dibawah laut. Karena ia binatang darat maka ia memakai baju astronot agar tetap dapat hidup dibawah laut. Sebenarnya Sandy berasal dari Texas namun sekarang tinggal di Bikini Bottom dan menjadi teman baik SpongeBob. Rumahnya berbentuk seperti kubah yang sangat besar dan menarik, karena dapt mengikuti segala musim yang ada di darat.  Sandy sendiri bekerja sebagai ilmuwan di Treedome Corporation dengan bosnya yang monyet. Tokoh ini seorang penemu yang hebat, menyukai karate dan semua hal berbau menegangkan. Dengan sifatnya yang pemberani ia bahkan tak takut apapun jenis monster. Pernah suatu kali ia berhasil menangkap cacing raksasa dan menggiring monster itu ke jurang. Pengisi suara tokoh ini adalah Carolyn Lawrence. 

f.   Sheldon Plankton 
Dari namanya tentu ia berbentuk plankton. Hewan dilautan yang sangat mini ukuranya. Tokoh ini mempunyai karakter jahat. Plankton mempunyai restoran Chum Bucket sayangnya restoran ini sepi. Bertolak belakang denga Krusty Krab yang selalu ramai pembeli. Hal ini menyebabkan rasa iri yang begitu besar dalam diri Plankton sehingga ia mengerahkan segala daya upaya untuk mencuri resep Krabby Patty yang menyebabkan kesialan untuk dirinya sendiri. Pada salah satu episode dikisahkan Plankton berhasil mendapatkan resep Krabby Patty dibantu seluruh keluarga besar Plankton. Tetapi ketika membaca resep tersebut alangkah terkejutnya ia melihat ada tulisan plankton sebagai bahan pembuat Krabby Patty. Seketika ia lari dan tidak kembali lagi. Pengisi suara tokoh ini adalah Doug Lawrence. 

g.  Gary 
Jika anda membaca dari awal artikel saya ini anda mengetahui bahwa tokoh ini adalah binatang peliharaan SpongeBob berbentuk siput yang bertingkah seperti kucing. Karakter tokoh ini pintar namun pendiam. Ia suka membaca Koran sangat berbeda dengan pemilknya yang tidak suka membaca…hehehe. Karena bertingkah seperti kucing, Gary sangat tidak suka mandi. Di salah satu episode dikisahkan Spongebob mengerahkan seluruh kemampuannya agar Gery mau mandi. Hingga Spongebob sendiri jatuh kelumpur. Pengisi suara tokoh ini adalah Tom Kenny. 

h.  Mrs. Poppy Puff 
Tokoh yang biasa dipanggil Mrs.Puff ini berbentuk ikan gembung dan bersifat baik hati. Ia memiliki sekolah mengemudi " Mrs. Puff Boating School", dan sudah lelah mengajari Spongebob karena Spongebob terlalu ceroboh sampai-sampai 37 kali tidak lulus sekolah mengemudi. Pada suatu episode, dikisahkan Spongebob mengulangi kejadian yang sama sehingga lagi-lagi tidak lulus tes mengemudi. Saking lelahnya akhirnya Mrs. Puff meluluskan SpongeBob. Betapa gembiranya SpongeBob lulus tes mengemudi tersebut dan orang tuanya membelikan sebuah boat yang bagus. Dilain pihak Mrs. Puff kepikiran akan kejadian-kejadian imajinasinya kalau SpongeBob akan menghancurkan kota. Akhirnya ia mencuri boat milik SpongeBob. Tetapi malahan ia dipenjara akibat tingkahnya itu. Pengisi suara tokoh ini adalah Mary Jo Catlett. 

i. Pearl Krab 
Tokoh ini berbentuk paus, anak dari Mr. Krab. Memang sangat aneh mengapa kepiting mempunyai anak seekor paus?? hehehhe saya juga tidak tahu namanya juga kartun penuh daya imajinasi. Pearl ini mempunyai karakter remaja yang periang dan suka menghamburkan uang. Ia berpenampilan seperti cheerleaders. Pengisi suara tokoh ini adalah Lori Alan.

Sebenarnya masih banyak tokoh lain yang ada pada film kartun SpongeBob. Yang dijelaskan diatas itu tokoh-tokoh yang utama saja..hehehe. Mudah-mudahan artikel saya ini menambah pengetahuan anda tentang kartun yang tengah diminati anak-anak ini...heheeh. Ingin melihat aksi kekonyolan tokoh-tokoh diatas? Makanya nonton ya.. lumayan buat hiburan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar......

 
Top