Blogger Widgets SSD Western Digital, Hardisk Berkapasitas Besar - Rhatiih's Blog

Western Digital sebagai produsen Harddisk ternama meluncurkan WD SiliconEdge Blue berbasis SSD. Hadir dengan beragam kapasitas yakni, 64GB, 128GB dan 256GB yang akan kita lihat berukuran 256 Giga .Jika dilihat dari ukuran fisik, produk ini tidak berbeda dengan merk lain yang memiliki kapasitas serupa. Yakni memiliki ketebalan 0.4 inchi, lebar 2.75 inchi dan panjang 3.9 inchi.


Kecepatan Tinggi Namun Tidak Stabil



Untuk SiliconEdge Blue 256GB, memang memiliki kecepatan baca/tulis yang tergolong tinggi. Namun sayang, tidak stabil. Yaitu, terdapat penurunan yang sangat signifikan ketika digunakan untuk mentransfer data dalam jumlah besar. Produk ini mampu menulis hingga 182 MB/detik atau dengan rata-rata 107,9 MB/detik, namun hal tersebut tidak stabil hingga turun pada kecepatan terendah yakni 0.2 MB/detik. Hal ini akan terasa jika kita mentranfer file berukuran besar seperti film.


WD SiliconEdge Blue 256GB dibanderol dengan kisaran harga USD 999, harga yang cukup mahal namun tergantung kebutuhan masing-masing individu, jika ingin media penyimpanan berkecepatan tinggi dengan dana tidak terbatas mungkin cocok dengan SSD. Lain halnya bagi pengguna dengan dana terbatas serta yang mementingkan kapasitas besar.


Kelebihan:
• Kapasitas Besar
• Kecepatan maksimum tinggi


Kekurangan:
• Harga Mahal
• Kurang stabil


Hasil Benchmark:


HD Tune
Read:
Minimum: 85.6 MB/sec
Maximun: 214 MB/sec
Average: 210.1 MB/sec
Write:
Minimum: 0.2 MB/sec
Maximun: 182.2 MB/sec
Average: 107.9 MB/sec

HD Tach
Quick Bech: 251.4 MB/sec
Long Bech: 254.2 MB/sec
PCMark vantage
HD Test Suite: 24530
Sumber: detik.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar......

 
Top